Selasa, 30 November 2010

perbedaan masyarakat kota dan masyarakat desa

masyarakat desa dan masyarakat kota mempunyai perbedaan yang sangat signifikan dari segi pemikiran, gaya hidup, dan kebudayaan yang mereka jalani.
perbedaan dari segi pemikiran yaitu masyarakat kota jauh mempunyai pemikiran yang lebih jauh ke depan tentang hidupnya. mereka lebih memikirkan tentang bagaimana hidup mereka ke depan, apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka kerjakan. sedangkan pemikiran masyarakat desa lebih memikirkan tentang kehidupan mereka sekarang. bagaimana mereka hidup hari ini dan apa yang mereka lakukan hari ini.
perbedaan dari segi gaya hidup yaitu masyarakat kota cenderung lebih hidup sendiri-sendiri tanpa memikirkan orang lain. mereka cenderung tidak mau tahu tentang keadaan orang lain. misalnya warga kota besar tidak akan mempedulikan apa yang terjadi pada tetangga mereka. dan masyarakat kota cenderung lebih menghabiskan waktu mereka di tempat kerja mereka. jadi mereka kurang melakukan soaialisasi dengan masyarakat sekitarnya.
sedangkan gaya hidup masyarakat desa masih memikirkan tentang kebersamaan dan gotong royong. mereka cenderung melakuksn sesuatu secara bersama sama. apapun yang mereka lakukan di kerjakan secara bersama sama.
perbedaan dari segi kebudayaan yang di jalani adalah masyarakat kota cenderung telah menganut budaya kebarat-baratan. mereka telah menganut budaya barat misalnya memakai pakaian yang tidak menutup aurat atau terbuka. dan mereka telah terjebak dalam pergaulan bebas.
sedangkan kebudayaan yang di anut masyarakat desa adalah masih menganut budaya dari leluhur mereka. misalnya dalam hari-hari tertentu mereka masih sering melakukan ritual-ritual adat yang mereka yakini dapat membawa sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. masyarakat desa juga belum mengenal budaya barat yang sedang berkembang sekarang ini.
Jadi masyarakat kota dan masyarakat desa mempunyai perbedaan yang sangat menonjol dalam bidang apapun.
Masyarakat kota tidak dapat mengikuti cara hidup dari masyarakat kota sepenuhnya begitu pun dengan masyarakat desa tidak dapat mengikuti cara hidup dari masyarakat kota sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar