Rabu, 11 April 2012

algoritma dijkstra

Algoritma Dijkstra, dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan komputer, Edsger Dijkstra, adalah sebuah algoritma rakus (greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai tak-negatif.
Misalnya, bila vertices dari sebuah graf melambangkan kota-kota dan bobot sisi (edge weights) melambangkan jarak antara kota-kota tersebut, maka algoritma Dijkstra dapat digunakan untuk menemukan jarak terpendek antara dua kota.
Input algoritma ini adalah sebuah graf berarah yang berbobot (weighted directed graph) G dan sebuah sumber vertex s dalam G dan V adalah himpunan semua vertices dalam graph G.
Setiap sisi dari graf ini adalah pasangan vertices (u,v) yang melambangkan hubungan dari vertex u ke vertex v. Himpunan semua tepi disebut E.

Bobot (weights) dari semua sisi dihitung dengan fungsi

w: E → [0, ∞)
 
jadi w(u,v) adalah jarak tak-negatif dari vertex u ke vertex v.

 Ongkos (cost) dari sebuah sisi dapat dianggap sebagai jarak antara dua vertex, yaitu jumlah jarak semua sisi dalam jalur tersebut. Untuk sepasang vertex s dan t dalam V, algoritma ini menghitung jarak terpendek dari s ke t.

contoh dijkstra
Berkas:Dijksta Anim.gif











sumber

2 komentar:

  1. kami juga mempunyai artikel mengenai algoritmaa djikstra, bisa dibaca di
    http://repository.gunadarma.ac.id%2Fbitstream%2F123456789%2F2734%2F1%2FKommit2000_komputasi_008.pdf&ei=452TUN6IC5GHrAfq3ICQBA&usg=AFQjCNFjUuLg5YEIWyE4wM0RKhtEMqWHEw&sig2=ZbmirwkkaJyvPx1woPKTqg
    semoga bermanfaat :D

    BalasHapus
  2. Mantaap gan postingannya... :)
    Referensi Algoritma djikstra: http://sunaryoo.wordpress.com/unduhan/

    BalasHapus