Selasa, 26 Mei 2015

Resensi Buku (Tugas 3 Bahasa Indonesia 2)

Data Buku atau Identitas Buku
a. Judul Buku 1 : How to Attract Wealth, Health, Love, and Luck into Your Life                                              Immediately(Bagaimana Menarik Kekayaan, Cinta, dan Keberuntungan                                      Kedalam Hidupmu Secepat Mungkin)
b. Penulis                                : Aiman A. Al-Maimani
c. Nama Penerbit                    : PT. Ufuk Publishing House
d. Cetakan dan Tahun Terbit : Cetakan I, 2014
e. Tebal Buku dan Jumlah Halaman : 1,1 cm dan 157 halaman

Judul Resensi   : How to Attract Wealth, Health, Love, and Luck into Your Life Immediately (Bagaimana Menarik Kekayaan, Cinta, dan Keberuntungan Kedalam Hidupmu Secepat Mungkin).
 

    Buku ini merupakan sebuah buku karya Aiman A. Al-Maimani untuk memotivasi hidup seseorang agar menjadi lebih baik. Buku ini menjelaskan bagaimana cara menarik kekayaan, kesehatan, cinta, dan keberuntungan kedalam hidup seseorang secepat mungkin untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga memberikan tips yang harus diikuti oleh pembaca dan diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dibuat oleh pengarangnya berdasarkan sumber acuan yang direkomendasi. Didalam buku ini, penulis menggunakan bahasa yang dapat memotivasi pembacanya. Penjelasan dari bab satu ke bab berikutnya cukup jelas dimana dimulai dengan pendahuluan yaitu pengenalan beberapa macam istilah yang cukup awam bagi pembaca. Selanjutnya dijelaskan bagaimana langkah-langkah untuk melakukan tips yang ditulis penulis, selain itu dilengkapi dengan contoh yang memudahkan pembaca untuk melakukannya. Di akhir setiap babnya dibuat rangkuman dari apa yang telah dibahas dan dijelaskan oleh penulis.

    Buku ini mengemukakan bahwa setiap manusia memiliki cita-cita, namun tidak semua dapat merealisasikan impian mereka yang kemudian dikemukakan beberapa contoh gambaran bahwa cita-cita dapat dicapai dengan mudah maupun sebaliknya. Setiap manusia dapat menentukan takdir hidupnya sendiri, mencapai keberhasilan yang diidamkan berdasarkan apa yang dicita-citakan. Selain itu kekuatan berfikir manusia dapat merealisasikan apa yang ada dipikiran manusia tersebut. Hal ini berkaitan dengan hukum fisika kuantum, dimana terdapat gabungan antara energi dan frekuensi khusus seperti Tuhan menciptakan alam semesta. Hal positif dari pembahasan mengenai hukum fisika kuantum adalah segala sesuatu yang positif akan menghasilkan energi positif yang akan disimpan oleh alam, dan sewaktu-waktu Tuhan akan memberikan hal yang positif melalui alam terhadap hidup kita. Begitu pun sebaliknya. Selain itu dalam hidup ini ada berbagai macam hukum yang mengatur hidup kita, seperti hukum sebab dan akibat dimana segala sesuatu yang kita alami pasti ada sebabnya; hukum persamaan dimana hukum ini berlaku bila kita melakukan sesuatu pada alam ini, maka alam akan melakukan hal yang sama seperti apa yang kita perbuat, berlaku untuk semua makhluk hidup; hukum alam bawah sadar menerima segalanya dan memercayainya selama proses belajar berlangsung; hukum kesamaan berfikir dimana hal ini sangat terkait dengan memori otak, jika membayangkan segala sesuatu yang buruk, maka otak pun akan membuka memori kenangan yang buruk, begitupula sebaliknya; hukum harapan dimana hukum ini akan bekerja seperti magnet, bila seseorang memiliki harapan, maka harapan itu pun akan mendekat dan menjadi kenyataan.
Selain menjelaskan berbagai macam hukum dan contohnya, buku ini menjabarkan tips bagaimana mencapai cita-cita berdasarkan jangka waktu, yaitu selama satu tahun, lima tahun, dan sepuluh tahun. Tips yang dijelaskan dijabarkan tahapan-tahapannya kemudian dilengkapi contoh agar memudahkan para pembaca yang akan mencoba tips tersebut. Selain itu, dimuat pula mengenai hukum ketertarikan, yang dilengkapi pula dengan tips dan langkah-langkah untuk mecoba mempraktikannya. Kemudian terdapat pula contoh kejadian nyata yang dipaparkan oleh penulis sehingga menggugah rasa penasaran pembaca untuk mencoba.


    Kelebihan buku ini adalah dapat memotivasi hidup seseorang yang membaca buku ini agar menjadi orang yang lebih beruntung, lebih baik dan lebih sukses dalam segala. Selain teori yang dipaparkan, dijelaskan pula bagaimana teori tersebut dapat terjadi didalam kehidupan sehari-hari yang diperkuat dengan kisah nyata yang dialami rekan dari penulis, sehingga mempengaruhi dan menggugah rasa penasaran pembaca untuk mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kelemahan buku ini adalah kurang membahas secara detail dari setiap bab nya sehingga diperlukannya beberapa kali pemahaman pada saat membaca. Selain itu contoh tahapan yang lampirkan kurang mendetail namun sudah cukup jelas apabila pembaca ingin mencoba mempraktikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar